Kamis, 30 April 2009

4) Media massa biasanya cenderung lebih tertarik kepada berita-berita yang negatif seperti kasus personel atau bahkan kecelakaan pesawat. Namun menurut pendapat pribadi saya topik atau issue yang dapat dipublikasikan secara positif oleh TNI AU kepada media bisa mengenai prestasi Wanita Angkatan udara yang berkemampuan khusus layaknya prajurit pria, antara lain pilot/penerbang wanita, wara yang berprofesi sebagai tekhnisi pesawat terbang, pameran kedirgantaraan atau seperti mengadakan Indonesian Air Show, akan sangat mendapat perhatian atau momen lain seperti kegiatan yang berkenaan mengenai alutsista yang dipunyai oleh TNI AU serta kemampuan alutsista tersebut karena rakyat Indonesia haus akan informasi tentang kekuatan pertahanan negaranya sendiri terutama mengenai pertahanan udara seperti kita ketahui bersama sangat jarang sekali di media massa mengenai persenjataan dan kekuatan yang dipunyai oleh TNI AU, selain itu banyak rakyat Indonesia ingin mengetahui kemana pajak yang dibayarkan mereka kepada Negara dan digunakan sebagai apa didalam penggunaannya di TNI AU melalui persenjataan atau kekuatan alutsista di TNI AU.

a. Kekuatan dan kemampuan TNI AU. Kekuatan dan kemampuan TNI AU yang sarat dengan teknologi modern/canggih merupakan berita yang menarik bagi masyarakat sehingga masyarakat Indonesia akan ikut bangga (termasuk Pemerintah/anggota DPR) akan kehebatan yang dipunyai TNI AU. Kekuatan TNI AU yaitu seperti pesawat terbang (tempur, transport dan helikopter), rudal dan radar yang berteknologi canggih tetapi dengan catatan mungkin tetap merahasiakan jumlah kekuatan yang nyata untuk rahasia negara.

b. Perekrutan/penerimaan anggota TNI AU terutama penerbang. Perekrutan anggota TNI AU merupakan suatu lapangan kerja yang termasuk layak dan yang berkeinginan membina karier di TNI AU terbuka bagi masyarakat umum terutama untuk generasi muda. Masalah lapangan kerja merupakan hal yang dicari oleh masyarakat/generasi muda sehingga TNI AU dengan membuka lapangan kerja tersebut untuk umum. Generasi muda sekarang yang suka tantangan dalam hal pekerjaan/profesi, apalagi menjadi seorang penerbang militer merupakan suatu cita-cita yang didambakan.

c. Olah raga Dirgantara. Olah raga dirgantara bagi sebagian besar masyarakat kita adalah hal yang masih langkah. Sebenarnya masyarakat banyak yang tertarik untuk menggeluti olah raga dirgantara dengan jenis dan tantangan yang beraneka ragam. Masalahnya adalah sulitnya masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan ini, ditambah lagi dengan pengaruh lingkungan militer yang bagi sebagian masyarakat menjadi pertembangan tersendiri. Kalau TNI AU bisa lebih berani untuk mempromosikan hal ini lebih luas tidak menutup kemungkinan Ordirga akan menjadi salah satu olah raga yang akan populer dikemudian hari. Hubungannya dengan tugas TNI AU adalah dalam bidang BINPOTDIRGA, dimana melalui kegitan Ordirga kita dapat menarik minat dirgantara masyarakat yang lambat laun dapat kita pupuk untuk dijadikan sebagai kekuatan cadangan dan kekuatan pendukung TNI AU.

d. Kegiatan atau Latihan TNI AU. Kegiatan TNI AU seperti latihan-latihan yang dilaksanakan TNI AU seperti Latihan bersama, latihan operasi udara (Rajawali Perkasa, Jalak Sakti, Angkasa Yudha dan lain-lain), latihan survival yang bekerja sama dengan awak pesawat sipil/komersial merupakan berita menarik dan tentunya banyak masyarakat yang ingin mengetahui tentang kegiatan yang dilakukan TNI AU. Selain itu tentang kegiatan yang berhubungan dan pelayanan kepada masyarakat seperti Karya Bakti TNI AU, AMD, memberi pengobatan gratis pada masyarakat, khitanan masal secara gratis sehingga masyarakat akan lebih mengenal tentang TNI AU.

e. Turnamen olah raga/Lomba-lomba TNI AU. Perlunya TNI AU untuk mengekspos turnamen atau lomba-lomba olah raga atau lainnya yang diadakan di TNI AU dengan mengundang serta tim dari masyarakat sebagai peserta dan tentunya dengan hadiah bagi peraih juara yang menarik, karena olah raga/lomba-lomba merupakan kegiatan menarik bagi masyarakat seperti turnamen sepakbola, bola voli, basket, tennis lapangan dan lain-lain.

Langkah-langkah yang dapat diupayakan supaya TNI AU makin dikenal dan populer di tengah-tengah lingkungan masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut :

a. Mengundang wartawan media cetak atau televisi pada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan TNI AU terutama mengenai perayaan hari-hari bersejarah TNI AU.

b. Pentak lebih giat mengulas/meliput kegiatan-kegiatan TNI AU seperti buletin, koran dan majalah untuk ikut dikonsumsi masyarakat.
c. Melaksanakan ceramah-ceramah tentang kegiatan kedirgantaraan kesekolah-sekolah, kekampus-kampus, promosi kegiatan melalui media cetak, media elektronika dan sarana promosi lainnya.

d. TNI AU beserta Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) lebih berupaya meningkatkan minat olahraga dirgantara melalui kegiatan olahraga kedirgantaraan, seperti demonstrasi olahraga dirgantara, pameran kedirgantaraan, perlombaan Ordirga, Pramuka Saka Dirgantara dan berbagai kegiatan lainnya.

e. Mengadakan Pameran kedirgantaraan merupakan suatu sarana untuk sosialisasi tentang dunia kedirgantaraan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggugah semangat dan kecintaan masyarakat tentang kedirgantaraan terutama sekali mengenai olahraga dirgantara. Pada pameran kedirgantaraan ini ditampilkan bebagai jenis miniatur pesawat yang ada dalam negeri maupun pesawat luar negeri. Tak kalah pentingnya pada momen seperti ini pada siang harinya diadakan kegiatan seperti Fly pass pesawat tempur dan aeromodelling serta terjun payung oleh atlet FASI untuk menarik minat pengunjung.

f. Melaksanakan kegiatan yang berhubungan/pelayanan dengan masyarakat seperti karya bakti, pengobatan gratis, khitanan masal gratis, AMD dan lain-lain.

g. Mengadakan turnamen olah raga/lomba-lomba lainnya dengan mengundang masyarakat sebagai peserta yang tentunya dengan hadiah yang menarik.

h. Melakukan kerjasama dengan instansi lain seperti pendidikan sekolah/kuliah dengan universitas, kerjasama mengenai pelatihan-pelatihan jungle and sea survival dengan awak pesawat sipil dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar